KEBERSAMAAN TERAKHIR PADA CQ WPX RTTY – 2017

Go to English Version

Hanya berselang 2 minggu setelah tim menyelesaikan CQ 160 Contest pada mode CW, YE1K kembali lagi untuk mengikuti kontes CQ WPX RTTY sebagaimana yang sudah diagendakan. Kali ini tim sepakat untuk turun dengan kategori MULTI-TWO, dengan pertimbangan bahwa baik untuk Low Power maupun High Power pada kategori MULTI-ONE, Tim Bekasi masih memegang Country Record untuk kontes ini dengan menggunakan YE1ZAT. Sedangkan slot MULTI-TWO dan MULTI-MULTI bahkan masih kosong dalam artian belum ada station pun dari YB Land yang pernah turun dengan kategori tersebut pada kontes yang sama. Mengacu kepada pencapaian sekaligus Country Record yang pernah dicapai saat tim turun dengan YE1ZAT untuk high power MULTI-ONE, tim mencanangkan target score 3.000.000 untuk kontes kali ini pada MULTI-TWO dengan YE1K. Suatu target dengan basis yang cukup realistis.

Hasil Akhir Kontes

Di akhir kontes, YE1K  berhasil membukukan score 3.464.872, melebihi target yang sudah dicanangkan di awal sekaligus membuat baseline baru untuk YB score pada kategori MULTI-TWO di kontes ini, mengingat tidak ada peserta lain dari YB Land yang juga mengambil kategori ini. Beberapa Tim Kontes yang juga berpartisipasi dari YB Land kebetulan mengambil slot yang berbeda, yaitu YE1C (pada MULTI-ONE High Power) dan YE1ZAL (pada MULTI-ONE Low Power). Dan kebetulan juga Tim Kontes yang berpartisipasi pada kali ini kesemuanya dari Jawa Barat.

claimed-score

Foto 1 : Claimed Score

Dari total QSO yang diperoleh, 40m band merupakan penyumbang QSO terbanyak dengan 563 QSOs (37.8% dari total QSO yang diperoleh), sementara 10m band merupakan penyumbang QSO paling sedikit dengan hanya 6 QSOs (0.4% dari total QSO).

qso-by-band

Foto 2 : QSO by Band

Beberapa data lain secara statistik untuk QSOs yang diperoleh oleh YE1K adalah sbb :

qso-by-continent

Foto 3 : QSO by Continent

top-10-countries

Foto 4 : QSO by Country

qso-by-hour

Foto 5 : QSO by Hour

Kehilangan yang Mendalam

Meskipun YE1K sudah berhasil membuat baseline pada slot yang sebelumnya kosong untuk YB Land pada kontes CQ WPX RTTY – 2017 dengan pencapaian score melebihi dari yang sudah ditargetkan di awal,  namun kontes ini jugalah yang akan dikenang oleh seluruh anggota Tim YE1K sebagai kebersamaan terakhir dengan salah seorang anggota tim yaitu Om Awi – YC1DPM.

Pada 28 Februari 2017 siang, 2 minggu setelah berakhirnya kontes ini, Om Awi telah meninggalkan kita untuk selamanya. Kepergian beliau yang sangat mendadak ini benar-benar mengejutkan seluruh anggota tim dan menyisakan duka yang sangat mendalam. Suatu kehilangan yang sangat besar khususnya bagi Tim Kontes Bekasi YE1ZAT/YE1K dengan perginya salah satu anggota keluarga besarnya untuk selamanya.

Om Awi adalah seorang pemorse handal, DX-er yang aktif khususnya pada mode CW, dan juga kontester yang aktif. Meskipun spesialisasinya adalah mode CW, namun saat mengikuti kontes bersama Tim, Om Awi juga selalu menjadi operator pada kontes dengan mode yang lain yaitu SSB dan RTTY. Di samping itu juga, beliau selalu bersedia saat diminta oleh ORARI Pusat untuk membawakan beberapa Special Event Call.

Bergabung dengan Bekasi DX Contest Club sejak 2013, Om Awi adalah salah satu anggota tim yang tidak pernah absen untuk berpartisipasi bersama tim saat mengikuti kontes DX. Kecintaan pada dunia kontes baik DX maupun Lokal juga ditunjukkan dengan selalu mengikuti kontes menggunakan homecall di sela-sela masa istirahat dari agenda kontes untuk klub.

Berikut adalah aktifitas Om Awi – YC1DPM dalam bidang amatir radio selama menjadi anggota ORARI Lokal Bekasi :

  • Tim YE1ZAT (Bekasi Club Station) : 2013 – 2017
  • Tim YE1K (Bekasi Contest Station) : 2013 – 2017
  • Operator untuk Special Event Station YB69RI – 2014
  • Operator untuk Special Event Station YB90IARU – 2015
  • Operator untuk Special Event Station YB16SUN – 2016
  • Operator untuk Special Event Station YB71RI/1 – 2017
  • Net Control Station pada Jawa Barat CW Net : 2016 – 2017

awi-last-appearance-with-ye1k_cq-wpx-rtty-2017

Foto 6 : Penampilan terakhir Om Awi bersama YE1K (CQ WPX RTTY 2017)

Kerendahan hati Om Awi selama ini adalah suatu kebaikan yang akan terus dikenang khususnya oleh seluruh anggota tim.

Selamat Jalan, Om Awi ( YC1DPM / SK ) … Kami akan selalu mengenangmu sebagai teman dan saudara.

English Version

LAST TOGETHERNESS ON CQ WPX RTTY – 2017

Just around 2 weeks when team accomplished CQ 160 – CW Contest, YE1K took part in CQ WPX RTTY according to scheduled agenda. Team agreed to join the contest under MULTI-TWO category, with some considerations that either Low and High Power on MULTI-ONE, Bekasi Contest Team still hold country records on both as YE1ZAT. On the other hand, remaining slots MULTI-TWO and MULTI-MULTI were left blank since none of Contest Team from YB Land took part in this categories before. With regard to previous achievement on MULTI-ONE by YE1ZAT, team set target of 3,000,000 score for MULTI-TWO, and this time would be signing as YE1K. This was realistic target, though.

Contest Result

At the end of contest, YE1K eventually scored 3,464,872, exceeding target being set in the beginning as well as setting new baseline under MULTI-TWO category for YB Land. Other than YE1K, some contest teams from Indonesia, that coincidentally from West Java altogether, taking different slots. They were YE1C (on MULTI-ONE High Power) and YE1ZAL (on MULTI-ONE Low Power).

claimed-score

Pic 1 : Claimed Score

Of all total QSOs, 40m band was the most contributing band in term of number of QSO where 563 QSOs were from this band (37.8% of total QSO), whilst 10m band contributed least QSO with 6 QSOs (only 0.45% of total QSO)

qso-by-band

Pic 2 : QSO by Band

Other statistics during contest may be seen on the followings :

qso-by-continent

Pic 3 : QSO by Continent

top-10-countries

Pic 4 : QSO by Country

qso-by-hour

Pic 5 : QSO by Hour

Deepest Condolence

Despite YE1K was successful in setting up new baseline on the previously blank slot for YB Land on CQ WPX RTTY – 2017 by exceeding target score, this contest would also be remembered as last togetherness of one of team member Awi – YC1DPM  with YE1K.

On February 28, 2017, right about 2 weeks after the contest ended, Awi left us for good and all. His sudden passing away really shocked us and left great sadness. A big loss mainly to contest team on one of big family.

Awi was a good CW Operator, active DX-er mainly on CW mode, as well as active Contester. Even though CW was his primary interest, however, he was willing to operate other modes SSB and RTTY when joining the team for the contest. Meanwhile, he was also active when asked by ORARI HQ to take part in a Special Event Station.

Joining Bekasi DX Contest Club since 2013, Awi was known as member with full appearance when Team were in DX Contests Activities. His passion in contesting either DX or Local were expressed by his presences signing homecall within spare period in between Club Contest Activities/Agenda.

Folowings were list of amateur radio activities where Awi – YC1DPM took part prior to his passing :

  • Team of YE1ZAT (Bekasi Club Station) : 2013 – 2017
  • Team of YE1K (Bekasi Contest Station) : 2013 – 2017
  • Operator of Special Event Station YB69RI – 2014
  • Operator of Special Event Station YB90IARU – 2015
  • Operator of Special Event Station YB16SUN – 2016
  • Operator of Special Event Station YB71RI/1 – 2017
  • Net Control Station of West Java CW Net : 2016 – 2017

awi-last-appearance-with-ye1k_cq-wpx-rtty-2017

Pic 6 : Awi’s Last Appearance with YE1K (CQ WPX RTTY 2017)

His low profile was a great virtue that all team member will always remember for good and all.

Good Bye, Awi ( YC1DPM / SK ) … we will always remember you as best friend and brother.

3 Responses to “KEBERSAMAAN TERAKHIR PADA CQ WPX RTTY – 2017”

  1. Rest in Peace, we will always miss you

  2. Rest in Peace, Selamat jalan Om Awi, Terima kasih untuk segala bimbingannya walaupun sangat singkat.

  3. Bergabung dgn lokal ORARI bekasi adalah salah satu kebahagiaan alm. Papa di akhir masa hidupnya, terlebih setelah beliau pensiun di awal tahun 2016.
    Masih terngiang suara “Yankee Charlie One Delta Papa Mike” dari kamar “kerja”-nya.
    Terima kasih untuk semua rekan – rekan lokal ORARI bekasi yg pernah menjadi penyemangat hidupnya.
    Mohon maaf yang sebesar besarnya jika beliau punya kesalahan..
    Semoga alm. di terima di sisi Allah SWT.
    Amin…
    https://www.qrz.com/db/YC1DPM

Leave a comment